Belajar Fungsi IF Microsoft Excel Lengkap


             Kali ini saya akan menshare tentang Microsoft Excel karena MS Excel sangat digunakan bagi pelajar,mahasiswa dan  dalam dunia kerja sekalipun.kali ini saya akan menshare tentang  penggunaan fungsi IF pada MS Excel secara lengkap dan tidak perlu menghafal rumus yang di pelajari.OK baiklah kita mulai dari dari pertanyaan apa sih guna fungsi if pada MS Excel ?
  • Guna dari Fungsi If pada Excel adalah menyatakan sesuatu dengan ketentuan apabila logiakl test memenuhi kriteria makan akan muncul value if true selain itu apabila salah maka akan muncul false.



Contoh :
Rumus Dasar : =IF(logical_test; value_if_true;value_if_false)

Penjelasan: Kolom D5 adalah kolom kode jenis kelamin yang merupakan logical_test yang berisi kode “P” dan “L” yang menjadi acuan laki-laki atau perempuan kah dia?...jika rumus diatas diterjemahkan kedalam bahasa indonesia maka akan seperti ini:

=jika(D5 sama dengan L maka dia laki-laki jika bukan maka dia perempuan)...nah bagaimana sudah paham?nah bagaimana kalau IF nya lebih dari satu/multi IF?
Contohnya:
=IF(F7="Golongan 1";5000;IF(F7="Golongan 2";12500;IF(F7="Golongan 3";50000;IF(F7="Golongan 4";150000;0))))

Penjelasan: Cells F7 merupakan logical_test yang berisi Golongan 1-5..jika pada Cells F7 itu adalah Golongan 1 maka value_if_true nya adalah 5000(dalam hal ini adalah biaya tagihan). Nah jika logical nya lebih dari dua maka IF yang digunakan lebih dari satu dalam hal ini logicalnya ada 5 maka IF yang digunakan 4 karena Golongan yang kelima biaya tagihannya adalah 0 jadi tidak perlu menggunakan IF lagi.

IF yang kedua atau seterusnya di buka lagi setelah value_if_true pertama yaitu =IF(F7="Golongan 1";5000; value_if_false) maka menjadi =IF(F7="Golongan 1";5000;IF(

Komentarnya yaaa jangan lupa...







1 Response to "Belajar Fungsi IF Microsoft Excel Lengkap "

Widi Asriyanto mengatakan...

untuk lebih jelasnya silahkan baca Contoh soal rumus if lengkap

Leave a Reply

 
powered by Blogger | For Blogservices